• Jam Buka Toko: 24 JAM
  • Status Order
  • Tlp: -
  • SMS/WA: -
  • Line : -
  • BBM : -
  • -
Terpopuler:

Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer?

17 May 2017 - Kategori Blog

Bermula dari email salah satu kawan Blasters Online yang menyoalkan judul diatas, saya jadi terpikat buat membahasnya. Tentunya banyak alumnus SMA/SMK/Sederajad yang mau meneruskan kuliah ke universitas (serta telah mengambil keputusan “komputer”) akan tetapi banyaknya jurusan yang berhubungan dengan komputer.

Asal usul penyebutan jurusan komputer
sebelum anda mengupas atas perbedaan keempat jurusan ini, saya mau kilas kembali sedikit hal asal usul penjulukan jurusan komputer di indonesia.

Kala saya berakhir sma pada tahun 2006 serta mengambil keputusan buat lanjut ke jurusan komputer, pilihannya ketika itu cuma 2: ilmu komputer atau teknik informatika. Sehabis itu saya cari lebih dalam, perbedaannya ternyata cuma dari penyebutan aja.

Jurusan “ilmu komputer” berawal dari “computer science” yang ramai dipakai selaku sebutan jurusan universitas di amerika. Sebaliknya julukan jurusan teknik informatika berawal dari “informatics” yang dipakai universitas di eropa.

Keadaan ini diperjelas karna ketika itu jurusan ilmu komputer cuma dapat ditemui di universitas, semacam di ui, ugm, usu, universitas udayana, dan lain-lain. Sebaliknya nama jurusan teknik informatika cuma terletak di institut, serupa itbataupun its.

Jurusan komputer ketika itu sedang relatif baru, sehingga di sebagian universitas, masih ‘nebeng’ ke fakultas lain. Jurusan ilmu komputer kebanyakan terletak di bawah fakultas mipa (matematika serta ilmu pengetahuan alam). Sebaliknya teknik informatika terletak di bawah fakultas teknik.

Perbedaan lain ialah dari gelar yang di bisa. Ahli ilmu komputer memperoleh gelar “S.Kom”, sebaliknya ahli TI memperoleh gelar “S.T”. Akan tetapi karna terletak di bawah fakultas mipa, sebagian sarjana ilmu komputer pun gelar “S.Si”. Sesungguhnya ini hak universitas ingin memasok titel apa, sebagian ahli ti pula dapat memperoleh gelar “S.Kom”. Memperoleh
kembali ke perbedaan antara ilmu komputer alias teknik informatika, ketika itu keduanya enggak amat berlainan. Terdapat yang menerangkan kalau ilmu komputer lebih ke arah ‘sains’, sebaliknya teknik informatika lebih kearah implementasinya.

Jenis-jenis-Jurusan-Komputer-berdasarkan-SK-DIKTI-2010 Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer?

Selanjutnya cuplikan dari lokasi resmi ilmu komputer ui:

“program yang berjudul ilmu komputer serta cara informatika pada dasarnya ialah program yang serupa. Cakupannya cukup besar, mulai dari alas teoritis hal perencanaan algoritma, ialah rancangan pokok yang melambari ekspansi alat empuk, hingga pada aplikasi aktual berwujud aplikasi ilmu robot, kecerdasan buatan, bio-informatika, serta topik-topik mengeluarkan lainnya. ”

asal usul: http:// www. Cs. Ui. Ac. Id/id/reguler-dan-paralel-ilmu-komputer/

timbulnya beragam jurusan komputer terkini
akibatnya saya menyudahi buat mengambil bidang ilmu komputer di salah satu ptn. Antara 2 tahun setelah itu, di kampus saya tampak jurusan baru: tpl (teknik perangkat lunak). Terus terang saya bingung apa perbedaannya antara jurusan ilmu komputer atas tpl ini? Lagi pula bila diamati dari mata kuliahnya nyaris serupa.

Karna sibuk kuliah (ehm.. ), aku enggak amat memasalahkan keadaan ini. Sebagian senior serta guru besar terdapat yang mengatakan kalau penambahan jurusan ini selaku kondisi biar jurusan ilmu komputer dapat jadi fakultas sendiri (terkupas dari mipa). Akibatnya saya berakhir tahun 2010, selaku ahli ilmu komputer atas gelar s.kom.

Sampai sebagian waktu lalu, saya lagi berpendapat kalau ilmu komputer ialah gelar buat julukan jurusan komputer di universitas, sebaliknya teknik informatika ialah julukan jurusan komputer di institut.

Akan tetapi nyatanya ketika ini banyak bermunculan jurusan komputer lain serupa: teknik informasi, teknik komputer, sistem informasi, sistem komputer, teknologi informasi, dan lainnya.

Banyaknya sebutan jurusan ini berawal dari dekret dikti (direktorat jenderal pendidikan tinggi) yang enggak dengan cara jelas menata penjulukan jurusan komputer (keputusan dikti no. 1030/d/t/2010). Tiap universitas bisa memakai sebutan jurusan yang berbeda-beda. Oleh karna itu, ketika ini di perguruan tinggi enggak lagi cuma terdapat 1 jurusan komputer, tapi dapat 2 atau 3.

Jenis-jenis jurusan komputer menurut sk dikti 2010
jenis-jenis jurusan komputer menurut sk dikti 2010
perbedaan jurusan ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi serta teknik komputer
terlepas dari itu semua, anda kembali ke judul informasi ini, apa aja perbedaan antara jurusan ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi serta teknik komputer?

3 jurusan pertama sesungguhnya sangat mendekati ( tak hanya teknik komputer). Dalam jurusan ini kamu konsisten menjumpai algoritma, pemrograman, serta mendalami teknik menciptakan aplikasi komputer, atas penekanan yang sedikit berlainan:

jurusan ilmu komputer lebih ilustrasi kearah ‘sains’-nya komputer, dimana bakal membahas lebih dalam mengenai algoritma, rancangan pemikiran satu buah aplikasi, aturan jaringan, dan lain-lain. Akan tetapi di ilmu komputer pula berbalah praktek atas beragam bahasa pemrograman. Skripsi dari jurusan ilmu komputer bisa berbalah satu buah aturan/algoritma definit tanpa mesti membikin aplikasinya.
Jurusan teknik informatika cenderung ke aplikasi dari aturan. Disini bakal lebih fokus pada cara pabrikasi aplikasi, meskipun sedemikian itu, aturan pula konsisten dibahas tetapi enggak sedalam di ilmu komputer. Skripsinya anak ti harus membikin aplikasi.
Jurusan sistem informasi menyatukan rancangan komputer atas bidang usaha serta management. Tujuannya selaku ‘jembatan’ antara keinginan bidang usaha atas aplikasi yang harus dirancang. Contohnya serupa gimana berangkaian atas client bidang usaha, gimana merancang aplikasi menurut nisbah bidang usaha industri, dst.
Jurusan teknik komputer lebih pada hardware. Meskipun mengenakan sebutan ‘komputer’, jurusan ini kerap terletak di bawah fakultas teknik. Ini sesungguhnya mendekati dengan fakultas teknik elektro, akan tetapi pula bakal dibahas atas programming yang memakai ‘bahasa mesin’. Hardware disini lebih ke arah microcontroller, ‘chip’ alias processor komputer. Enggak gimana aturan menyusun komputer.
Perbedaan diatas cuma cerita biasa, serta dapat amat berlainan tercantel atas universitas mana yang bakal kamu seleksi. Beda universitas, beda sebutan, serta bakal beda juga kurikulumnya. Semisal, bila kamu mengambil jurusan ilmu komputer ipb, pasti bakal berbalah gimana aplikasi ilmu komputer ke pertanian.

Eksklusif buat jurusan ilmu komputer bersama teknik informatika, perbedaannya enggak amat banyak. Oleh karna itu pembahasan hal kedua jurusan ini sebih kerap kali digabung.

Sesungguhnya saya pula bimbang atas banyaknya penjulukan jurusan komputer ini, yang (menurut keahlian saya dulu) enggak amat jauh berlainan. Hendaknya jurusan komputer di indonesia memakai skema serupa fakultas hukum. Dimana segalanya masuk selaku mahasiswa jurusan hukum, anyar di 2 alias 3 semester akhir menentukan pembidangan serupa mau hukum perdata, hukum pidana, dst.

Rancangan serupa ini barangkali telah diaplikasikan di itb. Pembidangan baru bakal dijalani di tahun ke-2, sehingga tiap mahasiswa dapat tahu animo serta bakatnya ingin kemana.

Demikian sedikit pengurangan saya atas perbedaan jurusan ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi serta teknik komputer. Meskipun saya ahli ilmu komputer, tetapi itu telah 7 tahun yang kemudian. Amat dapat kini telah berlainan jauh, silahkan memberi keahlian dari rekan-rekan yang ketika ini lagi jadi mahasiswa jurusan komputer. Semoga bermanfaat

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *